AD ASTRA (2019)


 Image result for ad astra poster

Ad Astra merupakan film produksi 20th Century Fox yang bergenre sci-fi, drama, dan mystery. Film ini diperankan oleh Brad Pitt sebagai tokoh utama dalam film. Garis besar dalam film ini adalah mengangkat kisah seorang anak dan ayahnya. Alasan awal saya menonton film ini karena sebelumnya saya melihat cuplikan trailernya di bioskop dan membuat saya penasaran. Terutama, saya langsung teringat dengan film-film luar angkasa lainnya seperti Interstellar, Mars Attack!, The Martian, dll. Apakah jika dibandingkan dengan dua film yang disebutkan tadi, Ad Astra sudah dapat mengalahkannya? Atau justru masih belum dapat menggeser film-film tersebut di peringkat-peringkat atas?. Silakan cek review berikut.


Berawal dari masa modern yang tidak diceritakan tahun persisnya. Seorang pria bernama Roy McBride (Brad Pitt) yang berprofesi sebagai seorang astronot di stasiun luar angkasa. Ia menjadi seorang astronot sejak dirinya kecil dan terinspirasi ayahnya yang juga seorang astronot legendaris. Tetapi, ia sudah tidak bertemu ayahnya sejak usia 19 tahun. Dikarenakan ayahnya dikabarkan menghilang saat misi luar angkasa bernama Proyek Lima (Lima Project). Proyek Lima adalah proyek pemerintah di luar angkasa untuk mencari kehidupan cerdas yang dikepalai oleh ayahnya. Belasan tahun ia bertekad agar suatu saat dapat menemukan ayahnya entah itu dalam keadaan hidup atau mati.


Singkat cerita ia mendapat kabar dari tempatnya bekerja bahwa ditemukannya bukti-bukti kuat yang menyatakan ayahnya, H. Clifford McBride masih hidup diluar angkasa sana. Lalu, Roy pun mencari tahu keberadaan ayahnya dengan bergabung dengan perjalanan menuju tempat ayahnya dikabarkan berada, yaitu di dekat planet neptunus. Namun, sebenarnya pihak stasiun luar angkasa tidak mengizinkan Roy untuk pergi menjelajah kesana, karena peluangnya yang begitu kecil.


Lalu, ia menempuh perjalanan yang sangat panjang dari bumi. Ia bersama tim menuju ke stasiun di bulan, lalu melanjutkan ke mars. Pada tiap perjalanan ia selalu diterpa musibah yang diantaranya ialah diserang oleh kelompok asing (perompak) di bulan dan serangan hewan hasil riset saat di mars. Dengan banyaknya kegagalan tersebut, Roy pun sempat dilarang untuk melanjutkan misinya ke Neptunus karena hal tersebut dianggap illegal oleh pihak stasiun di mars. Lalu, mereka memutuskan mengutus 3 orang untuk menggantikannya. Tak diduga Roy pun tetap bersikeras untuk dapat pergi ke neptunus. Ia pun menyusup ke roket dan membunuh ke 3 awak tersebut dengan perlawanan sengit agar dapat menemui ayahnya.


Akhirnya, perjalanan panjang ia tempuh seorang diri dari mars menuju ke neptunus. Tak disangka, kapal luar angkasa milik Proyek Lima yang dikepalai oleh ayahnya masih utuh dan terkatung-katung di sekitar neptunus. Roy pun bergegas untuk masuk ke dalam kapal dan ia menemukan seluruh awak sudah tewas mengambang. Lalu, ia berpikiran bahwa ayahnya sudah tewas dan ia memasangkan alat peledak agar kelak Proyek Lima tetap menjadi rahasia pemerintah. Namun, tiba-tiba sang ayah ditemukan masih hidup dan sudah merasa nyaman tinggal disana sejak lama. Bahkan menolak ajakan Roy untuk kembali pulang menemui keluargnya di bumi. Akhir cerita, ayahnya memutuskan untuk bunuh diri saat keluar dari kapal tersebut. dan Roy terpaksa kembali ke bumi dengan seorang diri kembali.


Kelebihan:

1.   Penokohan untuk tokoh utama yang sederhana dan sangat mudah dipahami.
2.   Latar suasana luar angkasa yang memukau dan mendukung cerita.
3.   Penggabungan kisah seorang anak dan ayah (daddy’s issue) dengan kisah luar angkasa di masa modern yang menarik.


Kekurangan:

1.   Alur cerita yang kurang menegangkan.
2.   Klimaks dalam film kurang membuat penonton merasa masuk dalam film.
3.   Pemusatan pada tokoh utama yang berlebihan, tanpa adanya tokoh pendamping yang sejajar.
4.   Banyak adegan yang terlalu berpindah terlalu cepat tanpa melihat alur cerita yang sedang berjalan.
5.   Hal-hal dasar pada manusia seperti persediaan makanan-minuman atau obat-obatan tidak terlalu dibahas di film, padahal hal tersebut dapat menambah ketegangan dalam film.



Nilai akhir : 8.3 / 10



Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.
Terima Kasih