ANOTHER EARTH (2011)


 Image result for another earth 2011 poster

Another Earth merupakan film fiksi ilmiah yang membahas tentang dunia paralel. Film ini bergenre sci-fi, criminal, dan drama. Alasan awal saya menonton film ini adalah karena saat itu saya sedang mencari artikel yang berhubungan dengan dunia paralel. Lalu, film ini merupakan salahsatu film yang direkomendasikan dalam tema dunia paralel tersebut. sekilas tentang dunia paralel, yaitu dimana terdapat 2 dunia di alam semesta ini yang hidup berdampingan dengan waktu yang berjalan beriringan. Dimana disaat kita melakukan suatu hal saat ini juga, di dunia kedua tersebut juga kita sedang melakukan hal yang sama dalam waktu yang sama.
Berawal dari seorang remaja perempuan bernama Rhoda Williams yang akan masuk universitas ternama Amerika, MIT. Dalam perjalanan pulang ia mendengar berita di radio akan munculnya sebuah “bumi kedua” yang berdekatan dengan bumi kita sekarang. Lalu Rhoda pun melihat keatas langit dan terdapat titik biru kecil (bumi kedua) tersebut. Tak berapa lama, ia hilang kendali atass kemudi mobilnya dan menabrak mobil lain di seberangnya dan menyebabkan 2 orang tewas. Akhirnya, ia dijerat hukuman 4 tahun atas kasus tersebut.
4 tahun setelah Rhoda dibebaskan dari tahanan, ia mencoba mencari pekerjaan. Lalu, ia diterima sebagai petugas kebersihan di salahsatu SMA di kota dekat rumahnya. Beberapa bulan berjalan, ia merasa penasaran akan korban-korban kecelakaan yang ia alami 4 tahun silam. Ternyata setelah ia mencari-cari kabar tersebut, terdapat seorang korban yang masih hidup yaitu pengemudi mobil tersebut bernama John Burroughs, ia merupakan professor pada bidang musik. Saat itu, John bersama anak laki-laki nya dan istrinya yang tengah hamil sedang berada dalam mobil tersebut. John rupanya selamat pasca kejadian tersebut dan koma dalam beberapa hari.
Tak lama mendapat kabar tersebut, Rhoda berusaha menemui John di kediamannya. Awalnya ia akan berani mengungkapkan bahwa ialah yang menabrak mobil John. Tetapi, saat bertemu ia malah berpura-pura menjadi seorang petugas kebersihan yang menawarkan diri secara sukarela. Melihat kemampuan Rhoda yang baik dan ulet, John memanggilnya tiap seminggu untuk membersihkan rumahnya. Dan Rhoda pun akhirnya memiliki hubungan spesial dengan John. Ia pun secara diam-diam  mengikuti ajang menulis untuk memenangkan sebuah hadiah istimewa yaitu dikirimkan ke “bumi kedua”. Ia berharap agar dapat melihat bumi tersebut dan menggapai keinginannya sejak lama ke luar angkasa. Singkat cerita Rhoda memenangkan kontes tersebut. Akan tetapi, konflik baru pun muncul. Rhoda akhirnya menceritakan kejadian kecelakaan mobil tersebut kepada John. John pun marah dan benci terhadap Rhoda. Akhirnya Rhoda pun bimbang untuk mengambil hadiah pergi ke “bumi kedua” tersebut disamping keluarganya juga khawatir jika ia kesana.
Pemerintah akhirnya mencoba berkomunikasi melalui suara langsung ke bumi kedua tersebut. Dan secara mengejutkan, mereka membalas dengan pembicara yang sama persis dengan pembicara di Bumi. Namun, terdapat kejanggalan ketika pembicara mengetes kenangan masa kecilnya. Karena ia mendapatkan ingatan yang berbeda. Akhirnya keputusan bulat ia ambil, yaitu hadiah tersebut diberikan kepada John yang berharap dapat hidup dan menemukan istri dan anaknya yang telah tiada di sana. Setelah john pergi, secara mengejutkan diakhir film Rhoda pun malah bertemu dengan dirinya sendiri tepat di halaman rumah John. Film ini pun berakhir dengan ending yang mind blowing..
                         
Kelebihan:
1.   Alur cerita yang sederhana dan sangat mudah dipahami.
2.   Film dengan memainkan karakter tokoh dan alur cerita yang sangat mengesankan tanpa visual efek yang mahal.
3.    Menggabungkan cerita fiksi ilmiah dan kriminal dalam balutan sebuah film yang memberikan nuansa baru.
4.   Konsep dunia paralel yang digambarkan dibuat sangat ilmiah dan sederhana.
5.   Klimaks dalam film ini terdapat pada saat komunikasi bumi dengan “bumi kedua”.
6.   Karakter-karakter dalam film yang tidak berlebihan dan sangat sederhana.
7.   Ending film yang menggantung membuat saya berspekulasi terhadap alternative-ending nya.
Kekurangan:
1.   Kurangnya pemeran pendukung pada karakter-karakter utama.

Nilai akhir : 9.5 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.
Terima Kasih