READY OR NOT (2019)


 Image result for ready or not

Ready or Not merupakan film besutan Fox Studios yang bergenre thriller & mystery. Mungkin bisa dibilang Fox merupakan studio film nomor satu yang handal dan berpengalaman melahirkan film-film tentang kasus pembunuhan. Film ini merupakan thriller mystery untuk penonton usia 18 tahun keatas. Tidak ada adegan berhubungan badan atau ketelanjangan dalam film ini, tetapi banyaknya berisi adegan yang berdarah-darah. Bagi yang belum mencapai usia tersebut, saya sarankan untuk tidak menonton dan membaca review ini.


Dimulai sejak sekitar tahun 1980-an dimana keluarga Le Domas memiliki semacam ritual keluarga yang sudah turun temurun. Ritual tersebut tetap mereka pertahankan dan akan dilaksanakan jika ada anggota keluarga baru yang masuk ke keluarga Le Domas. Namun, ritual tersebut bukanlah ritual biasa yang dilakukan seperti keluarga normal lainnya. Tetapi, ritual tersebut ialah meminta izin pada leluhur Le Domas yang bersekutu dengan setan agar keluarga mereka selalu dilindungi. Konsekuensi yang paling fatal dari ritual tersebut ialah dengan menjadikan anggota keluarga baru tersebut menjadi tumbal yang dipersembahkan kepada setan.

Berawal dari seorang pasangan kekasih yang akan menikah bernama Alex dan Grace. Alex merupakan bagian dari keluarga Le Domas yang kaya raya, sedangkan Grace terlahir dengan keluarga yang hidup sederhana. Singkat cerita setelah mereka menikah, diadakanlah ritual Le Domas seperti biasa karena mendapat anggota keluarga baru. Ritual tersebut selalu diadakan tepat tengah malam hingga menjelang fajar. Ritualnya pun sebenarnya bermacam-macam, tergantung tulisan apa yang keluar dari kotak leluhur Le Domas. Namun, pada film ini diceritakan bahwa Grace mendapat tantangan permainan petak umpet. Dan ia sebagai yang pengumpat dan anggota keluarga Le Domas lainnya sebagai pemburu Grace.


Dalam suasana hati yang bahagia, Grace pun mengikuti permainan dengan semangatnya. Karena ia belum mengetahui apa sebenarnya permainan petak umpet yang dilakukannya itu. Yang tujuan utamanya ialah seluruh anggota keluarga harus memburu Grace dalam keadaan sekarat ataupun mati sebagai tumbal kepada setan. Lama-lama ia pun mulai curiga kenapa suasana permainan menjadi menegangkan karena ia tak kunjung ditemukan. Singkat cerita Alex pun turut membantu Grace agar terhindar dari perburuan keluarganya sendiri untuk kabur dari rumah mewah tersebut. Alex dan Grace berjuang bersama untuk menyelamatkan dirinya. Tetapi, akhirnya Grace pun tetap tertangkap oleh anggota keluargnya Le Domas dengan penuh luka di sekujur badannya. Alex yang sejatinya menolong Grace, justru mengubah haluan kembali membela keluarganya karena ibu nya tewas mengenaskan saat bertarung dengan Grace. Grace pun akan dibunuh untuk ditumbalkan kepada leluhur untuk setan.


Diakhir film, Grace pun berhasil lolos dan tradisi tersebut gagal karena fajar sudah tiba. Dan seluruh anggota keluarga Le Domas yang masih hidup akhirnya tewas meledak karena tidak dapat memberikan tumbalnya. Grace pun dapat selamat seorang diri dengan jeri payahnya melawan seluruh anggota keluarga Le Domas, bahkan suami nya yang baru dinikahinya sendiri.

                         

Kelebihan:

1.   Latar tempat dan waktu yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami.
2.   Penokohan yang beragam membuat nuansa film semakin membuat penonton penasaran.
3.   Latar suara pada adegan pembukaan merupakan bagian terbaik yang menimbulkan cita rasa horror.

Kekurangan:

1.   Alur cerita yang mudah ditebak.
2.   Perpindahan adegan demi adegan yang terlalu cepat sehingga tidak menimbulkan rasa thriller dalam film.
3.   Minimnya adegan-adegan dalam film yang membuat rasa menegangkan.
4.   Kurangnya adegan ikonik yang akan membuat penonton selalu teringat ciri khas film ini.



Nilai akhir : 8.0 / 10



Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.
Terima Kasih