KNIVES OUT (2019)

 Knives Out (2019) - IMDb

      Knives Out merupakan film bergenre misteri komedi dengan bumbu khas film detektif di dalamnya. Film ini mengangkat sebuah kisah keluarga besar yang kaya raya dengan segala macam ceritanya dari masing-masing anggotanya. Tema Knives Out sendiri mengambil sebuah latar tempat rumah mewah gaya abad 18-19 dengan segala macam ke-klasikan-nya. Alasan utama saya menonton film ini ialah disaat membacanya pada sebuah laman artikel tentang film ber-rating tinggi dengan para pemeran-pemeran "mahal" di dalamnya. Ada James Bond, Captain America, Musuh Superman (Zood) yang muncul di Man of Steel, dsb. Alasan tersebutlah yang membuat saya tertarik untuk menontonnya, ditambah sinopsis singkat yang dihadirkan adalah menumpas permasalahan yang dialami keluarga tersebut. Ingin mengetahui permasalahan apa yang terjadi? simak ulasan Knives Out berikut

     Kisah dimulai dari kediaman Harlan Thrombey, seorang penulis buku fiksi terkenal yang sukses dan kaya raya. Dikisahkan ia genap berusia 85 hari itu dan dirayakan oleh seluruh keluarga besarnya. Permasalahan dimulai ketika Ia ditemukan tewas di ruang kerja nya tengah malam selesai pesta ulang tahunnya. Ia ditemukan sudah tergorok lehernya oleh asisten rumah tangganya bernama Fran. Seluruh anggota keluarga pun panik dan tak tahu penyebab pasti kematiannya. Hingga petualangan pun dimulai ketika rombongan pihak berwenang dan detektif handal, Blanc diutus untuk menyelesaikan kasus tersebut.

    Singkat cerita setiap anggota keluarga Thrombey diintrogasi satu persatu oleh Blanc. Mulai dari anak-anaknya, mantunya, hingga asisten rumah tangga yang khusus merawat Pak Harlan yang bernama Marta Cabrera. Kejanggalan pun ditemukan setiap introgasi berlangsung dan Blanc  menyimpulkan tiap-tiap hasil wawancaranya. Bukti-bukti pendukung kasus tersebut juga mulai ditemukan satu persatu hingga menyimpulan sebuah hasil bahwa pelaku utamanya ialah bukan orang dari luar tersebut, melainkan bisa anggota keluarganya atau asisten rumah tangganya. Hanya sampai bagian tersebutlah saya dapat sampaikan alur utama ceritanya, sisanya silakan tontonlah terlebih dahulu dan siap-siap dengan kejutan berlipat-lipat yang didapatkan. Di akhir film, kita akan sama-sama tahu bahwa harta memanglah segala-galanya hingga diperebutkan tanpa peduli lagi dari mana asal harta tersebut dan siapa pemilik aslinya.

     Makna dari yang saya dapat dari Knives Out adalah kejahatan sekecil apapun pasti akan terkuak suatu hari nanti dan kebaikan sekecil apapun pasti akan terbalaskan dengan sendirinya. Mungkin ini merupakan film detektif terbaik yang pernah saya temukan sepanjang perjalanan pengalaman perfilman pribadi saya.

Kelebihan:
1. Alur cerita yang sederhana namun membawa persepsi penonton pada sebuah alur cerita yang akhirnya menjadi rumit.
2. Mungkin merupakan satu-satunya film yang memiliki plot-twist utama yang dibalut plot-twist dan menghasilkan plot-twist akhir.
3. Penokohan dan keseluruhan karakter yang memiliki kekhasan dan "kebergunaan" sehingga tidak sebagai pemeran pengisi semata.
4. Menyelipkan pesan yang eksplisit yang menarik dan tak asing dari khas sinetron Indonesia, yaitu memperebutkan harta warisan.
5. Latar yang digunakan sangat sederhana dan tidak rumit.
6. Colour-grading yang memanjakan mata sepanjang film karena dikemas dengan baik dan artistik.
7. Pemutarbalikkan sebuah karakter protagonis yang diarahkan pada antagonis dan begitu pun sebaliknya yang menjadi ciri khas film ini.

Kekurangan:
1. Penonton akan mulai merasa dibodohi setelah menonton sekitar 80% dari film ini. Awalnya saya sangat yakin akan alur cerita dan sudah sangat dipastikan dengan segala kecerdasan dan intuisi yang saya miliki, namun semua itu keliru.

Nilai akhir : 9.7 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments