CONTAGION (2011)

Film Contagion Disebut Ramal Virus Corona, Penulis Naskahnya ...

     Contagion merupakan film yang bercerita tentang sebuah penyebaran sebuah virus baru. Film ini berkiblat pada kejadian nyata penularan virus SARS, MERS, dan Flu Spanyol. Meskipun tidak digambarkan secara persis tentang virus-virus tersebut, film ini cukup membuat kehebohan diawal 2020. Hal tersebut kita ketahui bersama dengan adanya pandemi virus corona baru atau dinamai covid-19 yang sudah mewabah di Wuhan, Tiongkok sejak akhir 2019 silam. Film ini langsung naik daun melonjak drastis mengalahkan film-film keluaran terbaru. Faktor tersebutlah yang membuat saya menonton film ini karena rasa penasaran akan alur dan konsep film ini. Lalu, apakah benar Contagion meramalkan pandemi covid-19 saat ini? Simak ulasannya berikut

     Film dimulai dari aktivitas warga dunia seperti biasanya yang memiliki kesibukannya terutama di kota-kota besar. Dikisahkan virus mulai menjangkit seseorang yang berada di Tiongkok yang diduga berasal dari hewan liar. Virus tersebut mulai menjangkit orang lain yang berada di dekatnya dan akhirnya menularkan beberapa orang termasuk di luar Tiongkok. Jatuhnya korban-korban dimulai saat gejala sang pasien mulai memburuk, seperti gangguan pernapasan dan batuk yang ekstrem. Singkat cerita, para ahli dan dokter pun sulit menentukan penyakit apa yang menimpa mereka dan berusaha mencari tahu akan virus yang diduga kuat bermutasi dari virus sebelumnya yang serupa. Cerita terus berlanjut dengan semakin banyaknya korban yang tertular dan kunjung belum ditemukan penawarnya. Sampai dititik kekacauan terjadi di masyarakat sehingga membuat penyebaran virus semakin tak terkendali. Beredarnya vaksin palsu hingga penutupan sejumlah kawasan yang terjangkit agar tidak dapat dimasuki atau memasuki area tersebut (lockdown). Saya tidak ingin menceritakan detail cerita dari film ini karena sudah sangat "tergambarkan" di dunia nyata saat ulasan ini dibuat. Pembaca dapat menonton sendiri film ini untuk menambah wawasan dan kewaspaan terhadap pandemi saat ini.

     Kesimpulannya ialah film ini sangat menggambarkan apa yang terjadi saat covid-19 melanda sekarang. Social distancing, panic buying, hoax bertebaran, dan masalah-masalah lainnya yang menyebar bahkan lebih cepat dari virus itu sendiri. Makna dari film ini adalah jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan dimulai dari hal kecil agar kita dapat terhindar dari segala macam penyakit. Untuk antisipasi dalam keadaan covid-19 saat ini adalah cukup melakukan yang kita bisa lakukan dimulai dari hal sederhana seperti gerakan masyarakat hidup sehat, tetap di rumah (stay at home), bekerja dari rumah (work from home), dan pembatasan sosial (social distancing). Sejak ulasan ini ditulis dan diunggah, saya hanya dapat berdoa dan berharap agar segera virus ini dapat segera hilang dari dunia dan pulih seperti biasa. Dan kita sebagai manusia diingatkan oleh alam agar tidak semena-mena akan alam, maka alam pun mengirimkan sebuah makhluk nan kecil untuk memperbaiki bumi yang sudah kita rusak sedemikian rupa ini.


Kelebihan:
1. Alur cerita yang kompleks namun sederhana sehingga mudah untuk dipahami.
2. Penggambaran kekacauan yang terjadi sangat terasa nyata sehingga mudah memasuki perasaan penonton.
3. Latar yang digunakan sangat sesuai dengan kondisi sekarang.
4. Unsur politik dan bisnis yang membalut bencana penyebaran virus menjadi sebuah konsep yang menarik.

Kekurangan:
1. Penokohan pada karakter yang terlalu banyak sehingga menyulitkan untuk menghafalkan pada sekali menonton.
2. Pergantian beberapa adegan yang terlalu cepat sehingga kurang terasa feel and emotion-nya.
3. Akhir film yang kurang terarahkan dengan baik,dapat dibilang menggantung juga tidak dibilang sad ending juga tidak.

Nilai akhir : 8.3 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments