EVOLUTION (2001)



     Evolution merupakan film bergenre fiksi ilmiah dan komedi. Dilihat dari poster filmnya saja sudah terlihat bahwa terdapat banyak unsur komedi dalam film ini. Jika dilihat sekilas, film ini akan mengingatkan kita pada Ghostbusters di-era lawas. Perbedannya ialah film ini berkisah tentang makhluk ekstraterestrial atau yang bisa kita sebut alien, bukan tangkap menangkap hantu. Alasan awal untuk menonton film ini adalah mengetahuinya pertama kali pada salahsatu stasiun televisi swasta yang menayangkan film tersebut. Setelah menonton beberapa bagian awal film, saya langsung tertarik dan memutuskan untuk menontonnya hingga akhir. Tak disangka, film ini sangat melebihi ekspetasi saya terhadap film-film alien. Simak ulasan film Evolution berikut ini

     Bercerita tentang kehidupan masyarakat Amerika dengan kesibukan kota yang begitu padat. Universitas berjalan normal dengan dosen yang mengajar mahasiswanya, pemerintahan yang bekerja seperti biasanya, dsb. Kisah dimulai saat Wayne (pemuda Amerika) yang sedang berada di sebuah gurun dengan perilaku yang "mabuk". Saat itu, mobilnya hancur terkena meteor yang jatuh menimpa di dekatnya dan menimbulkan sebuah lubang raksasa. Pihak keamanan langsung datang ke lokasi dan menjadikan Wayne sebagai saksi. Di sisi lain, Ira dan Harry yang berprofesi sebagai dosen juga mengetahui kabar tersebut dan memutuskan untuk mengadakan survei lapangan bersama para mahasiswanya. Saat mereka melakukan survei hingga kedalam lubang tersebut, mereka terkejut akan sebuah "kehidupan baru" didalamnya. Mereka mengambil sampel dari batu meteor tersebut yang bertujuan untuk dilakukan penelitian kecil.

     Singkat cerita pihak militer dan ilmuwan terkait berusaha untuk menutupi kasus ini dan memberikan pengamanan ketat di area tersebut. Karena, semakin lama kehidupan di dalam lubang meteor tersebut ber-revolusi dengan cepat hingga memunculkan hewan-hewan alien yang aneh. Ira dan Harry merasa ada keanehan pada meteor tersebut yang sepertinya membawa kehidupan baru ke Bumi. Akhirnya, mereka berusaha menyusup ke fasilitas tersebut untuk menemukan sampel-sampel baru. Langkah mereka gagal karena akhirnya pihak fasilitas pun tahu rencana mereka. Tak tinggal diam, mereka berusaha mengajak dr. Allison yang berpihak pada fasilitas tersebut untuk membantu mereka. Karena mereka yakin ada sebuah kejanggalan pada penelitian tersebut.

     Evolusi makhluk tersebut terus berjalan hingga pada titik dimana kehidupan asing tersebut mulai mengancam orang-orang pada fasilitas tersebut. Akhirnya, pihak pemerintah mengetahui dan mengambil alih proyek rahasia tersebut. Pemerintah berusaha menghancurkan kawasan tersebut dengan bom hingga tak bersisa. Namun, tim Ira dkk tidak menyetujui hal tersebut karena justru akan membuat makhluk tersebut berevolusi semakin ganas. Bom pun akhirnya diledakkan pihak pemerintah yang tak menghiraukan tim Ira dkk tadi. Spesies sel kecil pun akhirnya berevolusi menjadi sebuah makhluk raksasa yang tidak bisa dihancurkan dengan bahan kimia yang berada di sebuah produk kebersihan. Ira dan timnya pun bergegas untuk menyerang dengan senjata nyeleneh tersebut dengan jumlah besar. Usaha memang tak mengkhianati hasil, akhirnya mereka berhasil melakukanya dengan susah payah dengan niat yang berat dan seluruh kehidupan asing tadi pun berakhir. 

Kelebihan:
1. Alur cerita yang sederhana namun sangat membuat penonton penasaran akan kelanjutannya.
2. Tiap-tiap adegan dibuat perlahan dan klimaks sehingga penonton dapat merasakan rasa pada setiap adegannya.
3. Penokohan yang teratur dan mudah diingat dalam sekejap.
4. Karakter pendukung dibuat sangat pas sehingga menonjolkan pemeran-pemeran utama.
5. Perkenalan makhluk asing yang tidak rumit atau terlalu fiksi namun juga berdasarkan sains.
6. Penggunaan sebuah merek produk ternama yang sangat jelas dalam film ini merupakan hal yang unik dan langka dalam banyak film yang telah saya tonton.

Kekurangan:
1. Kurangnya menonjolkan hal mengejutkan sepanjang film (entah seperti plot twist, mind blowing, dsb.) yang sebenarnya dapat membuat film ini sangat lebih baik jika terdapat beberapa hal tersebut.

Nilai akhir : 8.7 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments