THE MIST (2007)


     The Mist merupakan film adaptasi dari novel karya Stephen King. Stephen King? kayak pernah denger, siapa dia?. Jadi, beliau merupakan seorang penulis dengan karya-karyanya yang cenderung ke horror, thriller ataupun fiksi ilmiah. Sudah banyak karyanya yang diangkat ke layar lebar. Beberapa yang saya tahu sejak lama diantaranya Carrie, IT, Pet Sematary, dan lain sebagainya termasuk The Mist ini. Dalam layar lebarnya sendiri diceritakan memang kebanyakan yang out of the box dari horror atau thriller biasanya. Contohnya saja Carrie, diceritakan ia memiliki kekuatan telekinesis yang didapatkan dari kekuatan gelap dan  akhirnya meneror orang-orang di sekitarnya. Bagaimana cerita dari The Mist ini sendiri? apakah ada sesuatu yang berada di dalam kabut? berikut ulasan lengkapnya 

     Berawal dari kejadian badai besar yang menimpa sebuah kawasan perumahan di Amerika Serikat yang setidaknya merusak beberapa bagian rumah. Hal yang sama juga dirasakan oleh David dan keluarga kecilnya. Pohon di halaman rumahnya tumbang dan masuk ke studio dimana ia biasanya melukis. Ia pun bersama anaknya mengecek keadaan sekitar bersama anak laki-lakinya, Billy. Dan ternyata rumah kecil di tepian danau milik mereka juga terkena imbas akan tumbangnya pohon milik tetangganya, Brent. Setelah kejadian tersebut, mereka melihat sebuah kabut di dekat pegunungan di danau tersebut yang berbeda dari biasanya. Sebenarnya, David berdua masih menyimpan kekesalan akan kejadian tersebut, namun ketiganya justru pergi ke sebuah Supermarket di kota untuk membeli beberapa kebutuhan untuk memperbaiki rumahnya dan sebagai cadangan makanan jika kelak badai datang kembali. Di perjalanan mereka bertemu rombongan militer yang berjalan menuju pemukimannya yang menurut mereka aneh jika militer sebanyak itu dikerahkan hanya untuk menangani kekacauan akibat badai.

     Dimulailah kejadian pertama kali di Supermarket tersebut saat mereka membeli beberapa kebutuhan pokok. Seorang pria tiba-tiba berlari kearah tempat tersebut dengan terluka dan mengatakan kabut akan datang kesana dengan melukai dirinya. Banyak orang di dalam sana yang tidak percaya akan hal tersebut hingga pada akhirnya mereka melihat sendiri korban yang hilang "ditelan" kabut itu. Keanehan terus berjalan, hingga seorang pemuda petugas Supermarket turut menjadi korban saat akan memperbaiki peralatan di gudang. Rupanya ada "monster" dibalik kabut tersebut dan berusaha mencari makanan, yaitu manusia. 

     Singkat cerita kengerian terus berjalan ditambah kepanikan yang melanda antar individu di dalam Supermarket tersebut. Mrs. Carmody ialah sosok yang dapat dibilang "agamis" dengan agamanya Kristen yang sangat berpegang teguh pada Ketuhanan dan percaya akan hari akhir sudah berjalan. Ialah yang membuat suasana di dalam semakin panik dan tak terkendali hingga akhirnya ia memiliki banyak pengikut dengan banyaknya juga korban berjatuhan. Hingga pada suatu titik David dan pengikutnya yang terus berjuang dengan logika dan akal sehat mereka untuk dapat menghindari serangan monster kabut tersebut. Pada akhirnya mereka berhasil mengeluarkan diri dari Supermarket tersebut dan akhir filmnya dapat ditonton sendiri agar menjadi kejutan luar biasa. Siapa sajakah yang selamat dari ancaman kabut tersebut dan makhluk apa di dalam kabut itu?. Dan film ditutup dengan akhir yang sangat unexpectable. Sekian   

Kelebihan:
1. Alur cerita sederhana namun sangat sukses membuat ketegangan.
2. Penokohan yang baik dan tidak rumit dipahami dan dihafalkan oleh penonton.
3. Latar waktu dan tempat yang simpel namun sangat dimaksimalkan dengan baik.
4. Konsep twist-character yang digunakan pada inti film ini (bisa ditonton terlebih dahulu agar dapat memahaminya) namun masih sangat jarang dijumpai pada film-film.
4. Dialog pada setiap karakter yang sangat berbobot sehingga penonton dapat merasakan feel dan makna dari film ini.
5. Beberapa adegan yang sebenarnya sangat sederhana (hanya bermodalkan dialog dan tingkah pemeran) namun sangat membuat ketegangan saat menontonnya.

Kekurangan:
1. Perasaan menyesal yang mendalam dan kesal setelah menonton film ini. Entah kenapa cerita akhir yang dihadirkan dibuat begitu. Serius, kekesalan saya masih terasa..

Nilai akhir : 9.0 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments