MIDWAY (2019)

 Image result for midway poster

     Midway merupakan film bergenre War dan History yang diadaptasi dari sejarah nyata pada Perang Dunia II. Pada awalnya saya mengetahui film ini, bersumber dari situs berita yang menjelaskan film tentang perang dunia yang berhubungan dengan kejadian Pearl Harbor tahun 1941 di Amerika Serikat. Alasan saya menonton Midway adalah saya berpikiran bahwa film ini ada hubungannya dengan film Pearl Harbor (2001) yang menjelaskan kejadian serupa. Namun, ternyata latar waktu film ini berada setelah kejadian Pearl Harbor. Saya pun tertarik untuk secara tidak langsung "membandingkan" dengan Pearl Harbor (2001). Berikut ulasan mengenai film ini..

     Menceritakan tentang keadaan negara Amerika Serikat yang tenang disaat perang dunia II berkecamuk. Amerika dan Jepang sedang berunding untuk menyepakati kedamaian antar kedua belah pihak. Namun, dimulainya serangan mendadak di Pelabuhan Pearl (Pearl Harbor) pada tahun Desember 1941 oleh Jepang membuat Amerika Serikat kembali geram dan kesal atas perbuatan semena-mena Jepang. Serangan tersebut meluluhlantahkan seluruh armada angkatan laut Amerika kala itu yang sedang tentram di minggu pagi. Kehancuran besar tak terelakkan, termasuk kapal perang kebanggaan Amerika Serikat, yaitu USS Arizona (yang kala itu termasuk kapal perang canggih). Mulai sejak itulah, Amerika turut andil masuk kedalam jajaran negara-negara Perang Dunia II.

     Pasca kejadian serangan Pearl Harbor, Amerika dan Jepang terus berupaya saling menyerang satu sama lain dengan taktik masing-masing yang tidak terdeteksi musuh. Saat itu, Jepang berpikir setelah serangan tersebut Amerika akan kewalahan dan kalah dalam perang. Akan tetapi, Amerika memiliki rencana untuk membalaskan dendamnya kepada Jepang. Singkat cerita, pada 1942 Amerika berupaya memecahkan kode-kode rahasia Jepang dimana diduga mereka akan melakukan serangan kedua yang belum diketahui Amerika sendiri lokasi pastinya. Jepang dengan percaya dirinya membawa armada angkatan laut dengan jumlah yang besar, terdiri atas 4 kapal induk yang membawa pesawat tempur dan dilindungi puluhan kapal perang yang mengelilinginya. Akhirnya, Amerika pun dapat memecahkan lokasi rahasia yang diduga Jepang akan menyerangnya. 

     Lalu, pihak Amerika Serikat mengerahkan puluhan pesawat tempur ke sebuah daerah di Samudera Pasifik (dekat kepulauan Hawaii). Dan benar saja perhitungan para tim ahli yang dimiliki militer Amerika tak meleset. Jepang sudah siap berada di lokasi tersebut dan tak menduga bahwa Amerika mengetahui hal tersebut. Perang laut besar pun tak dapat dihindari. Bahkan pertempuran ini merupakan pertempuran terpenting dalam Perang Pasifik di Perang Dunia II. Kekalahan berada pada pihak Jepang dengan  hancurnya 3 dari 4 kapal induk yang dimilikinya dan beberapa kapal perang rusak. Akhirnya, Amerika mendapat kemenangan atas Jepang di pertempuran laut yang dinamakan Battle of Midway ini. Sejarah perang tak berhenti sampai disitu, beberapa negara sekutu terus berperang melawan Jepang dan sekutunya juga. Hingga tiba dimana Jepang benar-benar menyerah saat bom atom di Hiroshima & Nagasaki dijatuhkan Amerika yang menyebabkan ratusan ribu orang tewas dan Perang Dunia II berangsur berhenti. Kita tak dapat menentukan siapa pihak yang sebenarnya salah atau benar. Namun, jika perdamaian dapat dilakukan untuk apa terjadi peperangan yang hanya menyebabkan dampak buruk? Sekian.

Kelebihan:
1. Alur cerita yang mudah dipahami karena dibuat berdasarkan kisah nyata pada sejarah yang ada.
2. Penokohan setiap karakter dibuat sesuai dengan sejarah yang ada dengan karakter masing-masing.
3. Adegan pertempuran yang mengingatkan akan film pendahulunya dengan latar waktu yang sama, Pearl Harbor (2001).

Kekurangan:
1. Adegan diawal film cukup mengesankan dengan menampilkan pertempuran Pearl Harbor yang legendaris. Namun, setelahnya banyak adegan yang "melempem" seolah seperti dipaksakan.
2. Peralihan antar adegan (scene by scene) yang terlalu cepat tanpa pendalaman pada setiap adegan membuat penonton kurang merasakan filmnya sendiri.
3. Banyak suasana dalam film yang seharusnya dibuat lebih greget dan membuat penonton merasa terharu atau tegang. Contoh: Adegan saat rekan-rekan pada tokoh utama yang tewas akibat pertempuran seolah seperti tidak terjadi apa-apa dan membuat reaksi tanpa kesedihan maupun gejolak apapun.
4. Adegan pertempuran yang seolah-olah berulang tanpa daya tarik disetiap adegannya. Contoh: Pesawat tempur menembaki kapal, begitupun sebaliknya. Dan dialog antar tokoh yang tanpa menimbulkan kesan apapun.
5. Memang tidak adil jika dibandingkan dengan film perang yang sangat serupa dengan Midway, yaitu Pearl Harbor (2001). Dari segala aspek Pearl Harbor (2001) masih pantas jauh lebih baik dibanding Midway..

Nilai akhir : 8.2 / 10 

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.
Terima Kasih