MARVEL'S AGENTS OF S.H.I.E.L.D. - Season 7 (2020)

 Agents Of SHIELD Season 7 Poster : shield

     Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D. - Season 7 merupakan serial televisi abc yang bekerja sama dengan MARVEL yang menghasilkan serial Agents of S.H.I.E.L.D. ini. Berawal di tahun 2013 dengan debut season pertamanya, SHIELD dikatakan berhasil membawa kisah agen-agen "dibalik layar" Avengers. Jika yang kita tahu selama ini hanyalah anggota Avengers seperti Iron Man, Captain America, Black Widow, dan teman-temannya, di SHIELD inilah merupakan organisasi mata-mata yang turut menuntaskan kejahatan serupa dengan Avengers. Pada ulasan kali ini ialah ulasan season 7 AOS dengan berisikan 13 episode. Berbeda dengan season 1-5 yang memiliki sekitar 20-23 episode, sejak season 6 hingga 7 inilah hanya berisi 13 season. Dan season 7 ini merupakan final season lho, yang artinya season penutup dan sudah tidak akan diproduksi lagi. Jangan sedih, simak ulasannya terlebih dahulu berikut ini 

Harus Nonton Film-film Marvel Cinematic Universe dulu ya!
Menurut saya, haram hukumnya jika nekat menonton serial ini tanpa mengikuti alur yang terdapat di film-film MCU (dari Iron Man hingga Avengers End Game). Karena, akan terkesan sia-sia karena hanya mengikuti alur kisah SHIELD ini tanpa paham dan tahu betul apa dibalik kejadian dari kisah-kisah tersebut dalam Marvel Cinematic Universe.

Karakter-karakter Istimewa
Karakter-karakter khas SHIELD masih dipertahankan hingga season hingga. Namun, di season ini kalian akan banyak menemukan kejutan dari beberapa karakter yang sebenarnya sudah "pernah" dimunculkan. Bukan Thanos lho ya..

Klasik-Modern
Nuansa paling berbeda dari season-season sebelumnya ialah permainan warna film yang dihadirkan menyesuaikan era dimana setting waktu diambil. Dan keadaan yang sangat mendukung pada era dimana karakter-karakter tersebut beraksi. Ups, ketauan.

Time Travel? Seriusan?
Entahlah, saya tidak bisa bicarakan di ulasan ini. Siapa yang peduli juga jika hal tersebut terjadi atau tidak terjadi bukan?. Namun, memang film-film bertema time travel sedang naik daun sejak dirilisnya Avengers - End Game di 2019 silam.

Akhir Kisah Para Agen Hebat
Sudah kita ketahui bersama season 7 merupakan final season yang berarti ini merupakan akhir dari kisah panjang agen-agen kebanggan SHIELD ya. Namun bukan berarti mereka tewas semua juga lho ya. Dan ingat, jangan sedih saat menontonnya hingga akhir :)

Akan ada Penerus Serial SHIELD?!
Diakhir episode akan ter-notice sedikit kok bagaimana kelanjutan SHIELD ini. Mungkin kebanyakan orang kurang paham bagaimana maksud dari ending season ini. Ya, tapi kelamaan juga kalian akan paham seiring berjalannya timeline MCU. Keep learning dan watching!.

Kelebihan:
1. Alur cerita yang unik dan kreatif.
2. Karakter-karakter pendukung  yang dijadikan penguat utama dalam cerita yang jarang digunakan pada film atau serial serupa lainnya.
3. Dialog yang lebih ceria dan tidak membosankan sehingga sangat mendukung alur cerita.
4. Latar tempat yang sangat familiar namun jarang terekspos sebelumnya, sehingga berusaha mengembalikan memori-memori kita akan timeline MCU.
5. Efek visual yang sudah lebih maju dan tidak berlebihan dari season-season sebelumnya.

Kekurangan:
1. Kelanjutan cerita dari season 6 yang seharusnya dapat digabungkan dalam satu season saja, sehingga final season hanya fokus kepada akhir-akhir kisah menjadi agen.

Nilai akhir : 9.0 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments