SCOOB! (2020)

Scoob Poster

    Scoob! merupakan film animasi petualangan tim scooby doo yang legendaris, Mystery Inc. Film ini masih menceritakan petualangan mereka melawan penjahat yang super jahat. Mungkin sebelumnya Scooby Doo tayang dalam bentuk film live-action di tahun 2002 hingga 2010 lalu. Namun, kita pun sering melihat aksi mereka dalam serial animasi yang sudah memiliki lusinan animasi. Apakah Scooby dan kawa-kawan berhasil menarik minat penonton pada film animasinya kali ini? Adakah drama antar mereka seperti yang lalu-lalu? Simak langsung ulasannya berikut ini

Bukan Film, Tapi Film Animasi
Jangan berharap scooby kembali direalisasikan dalam bentuk visual efek seperti film-film sebelumnya, karena ini merupakan film animasi yang tentunya ramah anak.

Asal Usul Scooby
Dari trailer filmnya sendiri dikisahkan bahwa asal usul Scooby dan Shaggy bertemu saat masih kanak-kanak dan kelak mereka juga akan bertemu Fred, Daphne, dan Velma. Scooby Doo!

Tertahan Rating PG-13
Sudah pasti film ini memiliki rating ramah anak dengan tidak terdapat adegan kekerasan maupun dewasa sepanjang filmnya. Ya, walaupun tersirat beberapa adegan (spoiler).

Petualangan yang Khas
Bukan rahasia umum lagi jika serial scooby menampilkan petualangan khas menumpas misteri. Mungkin yang biasa kita ketahui adalah manusia sebagai first-villain mereka. Namun, pada film ini diberikan bumbu yang berbeda sehingga penonton tidak bisa menebak alur  utama cerita.

Dialog yang "Berbeda"
Saya rasa ini film animasi scooby doo yang memiliki dialog komedi dengan nuansa paling berbeda. Terdapat beberapa unsur komedi dengan nuansa sindiran, dewasa, maupun sejenisnya yang membuat "penonton bijak" dapat memahaminya dengan sangat cepat.

Sad Ending
Drama yang kental antar persahabatan mereka terkadang membuat mata ini terharu. Sama seperti film ini, hal tersebut akan mudah kita temukan. Diakhir film pun kita masih dapat merasakan keharuannya kok!.

Kelebihan:
1. Alur yang menegangkan dan mendukung klimaks film.
2. Adegan dan dialog yang dipikirkan secara matang sehingga menghasilkan adegan-adegan kocak dan tentunya ramah anak.
3. Drama persahabatan yang membumbui sepanjang film sehingga film terasa datar.
4. Animasi yang mumpuni dan sangat memerhatikan detail-detail.

Kekurangan:
1. Penambahan beberapa karakter dirasa cukup mengganggu, karena akan terkesan menghilangkan kerja sama khas tim Mystery Inc. tersebut. Namun, akan serba salah juga jika yang dihadirkan hanya tim utama-nya. Karena pasti akan membuat penonton jenuh dan terkesan monoton.

Nilai akhir : 9.0 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments