IN DARKNESS (2011)

 IN DARKNESS | British Board of Film Classification

    In Darkness merupakan film bergenre war-drama asal negeri Polandia. Berkisah dari kisah sesungguhnya pada masa kependudukan Nazi disana. Film ini mengedepankan kisah drama dibanding adegan-adegan perang yang dahsyat seperti film-film perang lainnya. Sepanjang film kita akan dikisahkan mengenai sebuah perjuangan sekelompok Kaum Yahudi yang berjuang hidup dibawah kekuasaan Nazi saat itu. Penasaran seperti apa film ini dapat meraih belasan banyak penghargaan bergengsi? simak ulasannya berikut ini

Film Drama-Perang
Unsur drama yang kental dalam film ini membalut suasana perang yang mencekam merupakan sebuah kombinasi yang sempurna. Ditambah dengan adegan-adegan yang memorable seakan inilah merupakan salahsatu film bertemakan Perang Dunia 2 khususnya Nazi yang patut menjadi referensi film kalian.

Karakter dan Penokohan
Karakter-karakter dalam film mayoritas diperankan oleh aktor dan aktris yang dapat berbahasa polish (Polandia). Hal tersebutlah yang sangat menghidupkan suasana nyata dengan penokohan masing-masing karakter yang kuat dan konsisten sepanjang film.

Alur Yang Menghanyutkan
Walaupun berdurasi panjang yaitu sekitar 2 jam 20 menit, namun film ini sangat mampu membawakan suasana penonton akan masa-masa Perang Dunia 2 berkecamuk hebat dengan segala akibat-akibat buruk yang dihasilkannya. Alur tempat dan waktu sepanjang film sangat mendukung suasana tersebut ditambah naskah film yang sangat menghidupkan suasana.

Kisah Nyata?
Berdasarkan deskripsi resmi film ini, dikatakan bahwa inti ceritanya merupakan kisah nyata dari sebuah kelompok Yahudi di Polandia.

Hikmah Film
Peristiwa yang sudah berlalu patut dijadikan pelajaran dan tentunya akan tercatat dalam sebuah sejarah. Film ini mengajarkan kita akan sebuah sejarah kelam di masa Perang Dunia 2 tepatnya yang terjadi akibat keegoisan suatu kelompok dengan tidak memerdulikan hak-hak kelompok lainnya.

Kelebihan:
1. Alur cerita dan latar waktu yang sempurna.
2. Penokohan yang kuat dan sesuai dengan inti film.
3. Transisi antar adegan yang sangat baik dan komposisi warna yang baik.
4. Dialog antar tokoh yang sangat menghidupkan film sehingga tidak hanya bergantung pada adegan-adegan semata.
5. Pemusatan tujuan film yang tidak amburadul dan jelas.

Kekurangan:
1. Hampir tidak ditemukan kekurangan yang berarti sepanjang film, terlebih lagi hal ini membuktikan bahwa film perang tentunya bukan berarti film yang selalu mengedepankan unsur tembak menembak dan saling serang.

Nilai akhir : 9.6 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments