300 (2006)

300 (2006) - IMDb

    300 merupakan film bergenre perang-laga besuran sutradara kondang, Zack Snyder. film ini berkisah tentang sebuah kisah legendaris mengenai kekaisaran romawi kuno yang berjaya pada masa itu. Memiliki pasukan yang legendaris tersebutlah merupakan cikal bakal akan alur pada film ini berjalan. Di tahun perilisannya sendiri, film ini sangtalah menarik perhatian khalayak umum saat itu. Entah karena ceritanya atau adegan-adegan yang disajikan didalamnya. Penasaran akan ulasan film perang bar-bar ini? berikut ulasannya

Film yang Berbeda Jauh dari Sejarah
Konon dari beberapa sumber yang pernah saya pelajari jauh sebelum menonton film ini, bahwa 300 memiliki penyelewengan sejarah yang cukup banyak. Dari segi karakter-karakternya, penggambaran keadaan, asal-usul, dan lain sebagainya. Terlepas dari semua hal tersebut, film ini menghadirkan nuansa yang bisa dibilang menyelewengkan pikiran kita sejenak.

Adegan Khusus
Saya tidak akan membahas mendalam pada bagian ini. Adegan yang dimaksud pastinya adalah adegan perang dan kekerasan, karena memang rating film ini ditujukan untuk dewasa 18 tahun keatas. Bijak-bijaklah saat menonton ya kawan.

Alur yang Bersemangat
Jangan terlalu bersemangat saat menonton filmnya, karena film tersebut sudah menghadirkan alur yang membuat kita bersemangat mengikuti hingga akhir hayat (maksudnya akhir film).

Karakter Jahat dari Perspektif yang Berbeda
Saya pun meragukan bahwa terdapat karakter antagonis dan protagonis sepanjang film. Karena menurut pandangan dan pengetahuan sejarah saya, seluruh karakter dalam film bisa dibilang bukan jahat dan baik. Ya perspektif setiap orang memandang sejarah bisa berbeda-beda kan?. Silakan tentukan menurut kepercayaan masing-masing.

Endingnya Bikin .. Emosi
Film perang yang satu ini memang banyak membuat jantung penonton berdebar hingga akhir.
 
Adegan Ikonik
Siapa diantara kalian yang sudah pernah melihat meme atau parodi tentang kalimat "This is Sparta!"? Ya, itu diambil dari film ini.

Kelebihan:
1. Visual dan audio yang baik jika melihat kembali 14 tahun silam film ini dirilis.
2. Alur cerita yang menarik perhatian untuk ditelusuri hingga akhir.
3. Penokohan pada tokoh utama yang sangat baik sehingga mendukung suasana film secara keseluruhan.
 
Kekurangan:
1.Penggambaran beberapa karakter yang terlalu dipaksakan sehingga penonton kurang mendapatkan aura dari setiap karakter.
2. Kurangnya memasukkan unsur sejarah yang memastikan bahwa itu sejarah yang nyata, sehingga penonton hanya dapat berimajinasi liar akan cerita film tersebut. 

Nilai akhir : 8.5 / 10

Ulasan ini dibuat tidak lebih dari 3 hari setelah penulis menonton film yang bersangkutan. Ini merupakan murni ulasan pribadi penulis dengan tidak menyalin/ mengulang ulasan lain sebelumnya.






























Terima Kasih

Comments